Curug Malela

Posted: October 25, 2013 in Petunjuk Jalan

Ndy

Air terjun Malela di penghujung musim kemarau masih deras aliran airnya.

31 Agustus 2012 (Peserta 3 orang)

Perjalanan satu hari, pulang pergi ke air terjun (curug, dalam bahasa Sunda) di Kabupaten Bandung Barat, Kecamatan Rongga, Desa Cicadas.  Berangkat pukul 04.20 dari rumah di Bekasi dan tiba kembali di rumah pukul 23.45.

Rute perjalanan & Ongkos

Berangkat : Jkt-Cihampelas-Terminal Ciroyom-Bunijaya-Curug Malela. Pulang: Curug Malela-Bunijaya-Sindangkerta-Cililin-Cimahi-Leuwipanjang-Terminal Lebak Bulus.

05.15 Travel berangkat dari MT Haryono, Jakarta. Seharusnya jadwal berangkat pukul 05.00, tapi supir terlambat bangun karena mengira baru akan berangkat pukul 06.00 (hayyahh). Kemudian menjemput 2 penumpang lain di sekitar Bekasi (gelap, ga gitu ngeh). Ongkos Rp70.000/0rang

07.50 Tiba di Cihampelas. Ke toliet, gantian, sambil meluruskan kaki.

08.00 Naik angkot ke Terminal Ciroyom dengan menggunakan angkot jurusan Cicaheum-Ciroyom (kijang hijau kombinasi oranye). Ongkos Rp3.000/orang.

08.20 Tiba di Terminal Ciroyom. Turun langsung di depan kumpulan elf jurusan Ciroyom-Bunijaya. Kadang tulisannya Bandung-Bunijaya. Naik elf. Bisa juga naik bis jurusan yang sama, tapi menurut info yang gue dapat perjalanannya lebih lama.

Elf Ciroyom-Bunijaya

09.00  Setelah ngetem lamaaa…akhirnya berangkat. Berhubung angkot yang cari penumpang, jalannya kayak keong, bentar-bentar ngetem. Paling lama ngetem di Cililin. Ampuun dah, supirnya sampe matiin mesin n meninggalkan para penumpang yang kepanasan. Kayaknya makan dulu dia.

12.40 Tiba di Bunijaya. Ga ada terminal di sini. Cuma pertigaan, dekat Alfamart. Angkot dan bis memutar di sini dan ngetem menunggu penumpang sebelum berangkat lagi ke Ciroyom. Ongkos elf Rp15.000 (krn salah ngitung, bayarnya kelebihan jd Rp20 ribu per orang :p). Ongkos bis (katanya) Rp20 ribu. Tidak ada angkot/bis jurusan lain yang berangkat dari Bunijaya.

Turun dari elf langsung ditanya tukang ojek, apakah hendak ke Curug Malela. Tau aja tuh tukang ojek. Kata mereka karena kami bawa ransel :p Kami bilang mau makan dulu. Mereka menunggu dengan sabar.

13.15 Siap bertolak ke Malela. Nego ongkos ojek. Mereka menawarkan Rp200 ribu pp> wuiiihhhh, mahal amat. Kami ga mau, langsung menawar Rp50 ribu pp. Akhirnya mereka mau Rp60 ribu. Belakangan, mereka ngeles…menurut mereka bukan Rp60 ribu pp, tapi Rp60 ribu sekali jalan. Makanya, lebih baik benar-benar dipastikan dulu, jangan langsung berangkat.

Kondisi sebagian besar jalan antara Bunijaya-Curug Malela.

Jalan menuju Malela sekitar 12 km, antara lain melewati perkebunan teh. Mula2 jalannya beraspal dengan lubang-lubang. Tidak sampai setengah jalan aspalnya habis diganti jalan tanah berbatu-batu. Jalan pun naik turun cukup curam. Bila memakai kendaraan pribadi, hanya bisa pakai model Jeep. Pakai model SUV atau minibus mengkhawatirkan, bisa dedel duwel :p

Naik ojek serasa naik bajaj dengan tenaga getaran seribu kalinya. Bukan cuma isi usus yang terguncang-guncang. Rasanya ginjal2 dan empedu sempat geser beberapa cm….hehehehehe…

13. 40 Tiba di parkiran sebelum memasuki jalur jalan semen Curug Malela. Lanjut jalan kaki sekitar 20 menit dengan kontur jalan sebagian besar menurun.

Tempat parkir Curug Malela.

Jalur jalan kaki menuju air terjun.

Melewati pematang sawah.

Air terjunnya sudah keliatan dari balik tanaman padi yang gondrong.

14.10-14.15 Tiba di Curug.

Air terjun Malela.

15.15 Menempuh jalan kembali ke parkiran. Kontur jalan didominasi tanjakan, cukup berat buat yang ga terbiasa berolahraga. Hanya mampu sampai ke tempat peristirahatan yang ada bale-balenya. Sepertinya di situ spot buat kemping. Sisa jalan terus menanjak sehingga kami putuskan untuk naik ojek dari situ menuju tempat parkiran. Yupp, ojek2 juga banyak siaga di situ :d Ongkos 10 ribu/orang.

15.50 Kembali dengan ojek ke Bunijaya. Bayar parkir Rp6.000/orang

16.15 Tiba di Bunijaya. Ternyata sudah tidak ada angkot ke Ciroyom. Biasanya angkot terakhir berangkat sekitar pukul 15.00. Memang agak gambling kami pakai kendaraan umum. Tukang ojek kami mengatakan kalau mau naik kendaraan umum mesti ke Sendangkerta dulu. Jarak tempuhnya hampir 1 jam dari Bunijaya.

Perjalanan pulang 

Setelah mengetahui bahwa ongkos ojek pp Curug Malela yang dimaksud adalah Rp60 ribu satu kali jalan alias Rp120 ribu pp. Kami mencoba menawar dengan bersedia membayar Rp120 ribu tetapi minta diantarsampai ke Sendangkerta.  Negosiasi berjalan alot, termasuk pakai telepati segala…maksudnya kami diem2an sampai beberapa lama. Akhirnya mereka menawarkan Rp 150 ribu sampai Sendangkerta. Kami pun setuju.

Perlu diingat, medan jalan dari Bunijaya ke parkiran Curug Malela cukup berat buat motor. Jadi kalau pp dibayar Rp60 ribu juga sebenarnya kasihan juga tukang ojeknya.

Jalan menanjak dari arah curug yang melelahkan. Di atas ada tempat istirahat dengan ojek2 yang siap mengantarkan untuk sisa perjalanan ke parkiran.Di situ juga biasa dipakai sebagai lokasi kemping.

Kami berangkat ke Sendangkerta. Agak ngeri karena tukang ojek kami ngebut dan ga ada satu pun dari kami yang memakai helm. Ditambah lagi pantat dan selangkangan yang sudah terasa nyeri. tapi kami harus menahannya sampai Sendangkerta. Setiba di terminal (kecil) Sendangkerta, sekitar pukul 17.15, ada bis jurusan Leuwipanjang-Sendangkerta yang mengetem. Menurut si kenek, bis hanya akan sampai Cililin dan itupun belum pasti waktu keberangkatannya.

Para tukang ojek yang mengantar kami menawari lanjut naik ojek sampai Cililin. Seinget gue waktu naik elf tadi, jarak tempuh Cililin-Sendangkerta hampir sejam. Seorang teman mengatakan udah nyerah naik ojek, ga bisa lagi. Pada saat itu ada angkot warna kuning lewat dan berhenti di depan kami. Supir bilang angkot sedang menuju Cililin. Seneng banget dengernya… Kami langsung naik ke angkot dan mengucapkan terima kasih kepada para tukang ojek. Lega bisa duduk ‘normal’ lagi. Ongkos Rp5.000 per orang.

Tiba di Cililin pas magrib. Kami memutuskan makan dulu karena perut sudah keroncongan dan otak udah susah diajak berpikir. Sambil makan kami bertanya-tanya ke pemilik warung tentang pilihan rute kendaraan menuju Jakarta. Ada dua alternatif, naik angkot sampai Padalarang dan dari situ naik bis ke Jakarta via tol Cipularang. Pilihan kedua, naik angkot sampai Cimahi setelah itu ganti angkot menuju Terminal Leuwipanjang.

Kami pilih alternatif kedua. Pertimbangannya, akan lebih banyak pilihan bisa dari terminal dan lebih ‘nyaman’ karena kami tidak perlu berdiri menunggu bis di pinggir jalan.

Ongkos angkot Cililin-Cimahi Rp20 ribu bertiga dan dari Cimahi-Leuwipanjang Rp8.000 per orang. Tiba di Leuwipanjang sekitar pukul 20.00. Gue dan seorang teman naik Primajasa jurusan Lebak Bulus via Pasar Rebo. Ongkos Rp50 ribu.  Bis baru berangkat hampir pukul 21.00.

Seorang teman lainnya naik jurusan Merak, via Kb Jeruk. Belakangan gue baru tahu ternyata bis jurusan Merak itu lewat Puncak. Akhirnya dia batal meneruskan perjalanan kembali ke Jakarta dan menginap di rumah tantenya di Bandung. Untung punya tante di Bandung..hehehe

Mengingat perjalanan yang sulit akibat jalan yang jelek, ini salah satu destinasi yang gue ga ingin kunjungi lagi. Kecuali, jalannya sudah lebih bagus. Atau, lebih baik lagi kalau ada skylift dr tempat parkiran ke air terjun.

23.45 Tiba di rumah…..dengan tubuh ‘remuk’. Besoknya masuk kantor, semua sendi badan nyeri. Duduk maupun bangun dari kursi mesti pelan-pelan. Naik turun tangga pun bak nenek2… Baru kali ini abis traveling, badan sakit2nya seperti ini….WHAT A TRIP!!

Biaya perjalanan Rp70 ribu (travel) + Rp3.000 (angkot)+ Rp20.000 (elf) + Rp10.000 (makan siang) + Rp10.000 (ojek curug) + Rp6.000 (parkir) + Rp150 ribu (ojek pp Bunijaya-Curug-Bunijaya-Sendangkerta) + Rp13.000 (makan sore) + Rp5.000 (angkot ke Cililin) + Rp7.000 (angkot Cimahi) + Rp8.000 (angkot ke Leuwipanjang) + Rp50 ribu (Primajasa ke Lebak Bulus) = Rp352 ribu.

****

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s