Duta Negara

Posted: October 25, 2013 in Catatan

Ndy

(Migrasi Blog, tulisan asli diposting 3 Maret 2013)

KETIKA membuka situs-situs forum penyandang ransel alias backpacker, gue sempat menyimak perdebatan antara para idealis pecinta Tanah Air dengan backpacker biasa.

Kelompok yang pertama berkukuh tidak akan backpacking ke luar negeri sebelum negeri sendiri habis dijelajahi. Sedangkan yang satu lagi, yang penting menikmati jalan-jalan bebas sebagai backpacker, ke mana pun tujuannya.

Gue sendiri termasuk penganut backpacker biasa, yang kebetulan juga cinta Tanah Air. Punya target tiap tahun 3 trip, satu untuk ke destinasi di luar negeri, dan yang dua trip domestik.  Tapi semuanya tergantung keuangan.

Gue membatasi destinasi luar negeri, ga lebih dari satu kali keberangkatan tiap tahun. Makanya gue menunda trip ke Chengdu, China, tahun ini karena sudah terlebih dahulu memesan tiket untuk ke Hanoi dan Vientiane. Sebagai gantinya gue berencana ke Pulau Komodo plus Kelimutu, atau ke Lombok plus mendaki Rinjani.

Walau ga sepandangan, gue salut sama kelompok idealis. Mereka punya pendirian dan itu patut dihargai. Hanya saja, bukan berarti backpacker biasa seperti gue ga cinta Tanah Air.

Menurut gue cinta Indonesia juga bisa diwujudkan dengan backpacking ke luar negeri. Kok bisa? Sebelumnya gue pernah menulis tentang betapa tidak dikenalnya Indonesia di dunia internasional, di Kita Serumpun. Nah, backpackeran ke luar negeri adalah salah satu cara mempromosikan Indonesia. Sebab, kita sedikit banyak akan berinteraksi dengan orang asing. Di saat itulah kita bisa mengenalkan Indonesia kepada mereka. Semacam duta negara :D

Sekarang ini yang sedang mau gue terapkan adalah membawa foto/kartu pos bertuliskan ‘Greetings from Indonesia’. Gambarnya obyek wisata yang menarik. Nanti tinggal ditempel di mading hostel. Biasanya hostel punya mading yang khusus menampung memorabilia dari pengunjung. Atau, berikan saja ke sesama backpacker.

Gue berencana membuat versi bahasa Inggris untuk kategori ‘Petunjuk Jalan’ di blog gue. Kemudian mencantumkan link-nya di kartu pos/foto. Tapi berhubung kemampuan bahasa Inggris gue menurun drastis, jadi nanti sajalah..

Rencana membawa kartu pos/foto ini bermula dari pengalaman gue saat backpacking ke Kamboja. Sambil menikmati matahari terbenam dari puncak candi di kompleks Angkor Wat, Siem Reap, gue bercakap-cakap dengan sepasang turis asal China. Mereka sedang giat-giatnya melancong dan ga begitu mengenal Indonesia. Seperti turis pada umumnya, mereka cuma tahu Bali.

Gue bilang ke mereka masih banyak yang menarik dan bagus selain Bali. ”2 minggu cukup untuk mendatangi semua?” tanya mereka.  Gue ketawa dan menjawab jelas ga cukup. Sebulan pun ga cukup.

“Lalu, kalau ada 2 minggu, enaknya ke mana aja?” Bingung gue jawabnya, saking banyaknya destinasi yang menarik. Makanya akan lebih mudah kalau gue punya ‘brosur’-nya :D

Promosi Indonesia melalui foto/kartu pos yang dibawa backpacking akan gue mulai dari trip April nanti. Oya, buat yang mau bergabung dengan gue ke Hanoi dan Vientiane, siapa tahu ada yang berminat, daripada gue solo traveling lagi :D Berikut garis besar itinerary-nya:

Jkt-Kuala Lumpur Air Asia Sabtu, 20 April 20.30-23.30

Menginap di bandara/penginapan terdekat.

Kuala Lumpur-Hanoi Air Asia Minggu, 21 April 06.30-08.50

21-22 April Explore Hanoi (nope! Ga mampir Halong Bay)

‘Obyek wisata’ utama : 22 April 19.00 Berangkat dengan sleeper bus ke Viantiane. Waktu perjalanan 24 jam.

23 April 19.00 tiba di Vientiane

24 April Explore Vientiane

25 April 09.40-13.25 Vientiane-Kuala Lumpur

25 April setelah jam 14.00 Kuala Lumpur – Jkt blm book tiket :p

****

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s