Jalan Bego di Eropa

Posted: October 25, 2013 in Petunjuk Jalan

Ndy

Terkadang memang lebih enak bila kita berjalan-jalan didampingi pemandu. Dengan begitu kita mengetahui apa sebenarnya yang kita lihat dan bagaimana kisah di baliknya.

Khusus yang kebetulan bertandang ke Eropa, ada tur jalan kaki menarik yang diusung Sandeman. Tur-tur tersebut hadir di beberapa kota seperti London, Dublin, Praha, Edinburgh, Paris, Madrid, Kopenhagen, Amsterdam, Berlin, Munich dan Yerussalem.

Dalam tur yang kerap disebut ‘free walking tour’ ini, pemandu tidak menetapkan tarif yang harus dibayar peserta tur. Mereka menerima berapa pun tips yang kita berikan. Bahkan, bisa saja peserta tidak memberi apa-apa, kalau tidak tahu malu :P Rata-rata peserta tur memberi 5 euro.

Tur gratis jalan kaki Sandeman di Munich, Jerman

Tur berdurasi 2-3 jam dengan berjalan kaki mengunjungi tempat-tempat yang menjadi highlight kota tersebut. Kita tidak perlu mendaftar. Langsung datang saja ke tempat pertemuan yang telah ditetapkan. Setiap hari tur dimulai pada jam yang sama dan dari titik yang sama.

Karena durasinya yang tidak terlampau panjang, Jalan Bego seperti ini cukup memberi petunjuk tentang tempat-tempat yang menurut kita menarik. Sehingga seusai tur, bisa kembali ke tempat itu untuk berlama-lama menikmatinya.

Tentang titik memulai tur dan jadwalnya bisa disimak di sini:

http://www.neweuropetours.eu/

Tur yang mengangkat konsep serupa juga bisa ditemui di Talinn (Estonia), Riga (Latvia) dan Vilnius (Lithuania), Tampere (Finlandia), Kaunas (Lithuania), Parnu (Estonia). Para pemandu biasanya terdiri dari anak-anak muda lokal dan menyebut ‘organisasi’ mereka sebagai Yellow Free Tours. Si pemandu bisa dengan mudah dikenali dari koper berwarna kuning yang mereka bawa.

Informasi tentang titik pertemuan dan jadwal tur dapat diperoleh di:

http://freetour.traveller.ee/

Advertisements
Comments
  1. iradna says:

    kk namanya ka Ndy bukan ? salam kenal ya 🙂
    kak ada ga artikel yg isinya ttg bagaimana kakak mendapatkan beasiswa s2 di Belanda ?
    kayanya saya ga nemuin hehe. makasih 🙂

    • segalasudut says:

      Saya windy, salam kenal Ira 🙂
      Emang ga ada sih yang khusus bahas bagaimana caranya. Tapi kalau pingin tau, intinya rajin2 cari info, jangan ngeper duluan, jalani untuj memenuhi semua persyaratan satu demi satu.

      Biasanya yang susah memenuhi syarat TOEFL/IELTS. Untuk yang itu, banyak baca buku berbahasa Inggris, nonton film dengan teks bahasa Inggris lalu ga pakai teks. Setelah sekitar 2 bulan, beli buku TOEFL/IELTS, latihan tiap hari sampai abis. Baru ambil tes.
      Yang kedua mungkin problemnya bikin motivation letter. Minta temen atau kenalan yang udah lolos beasiswa, sesuaikan dengan motivasi kita.

      Itu aja. Intinya jalani dulu, jangan banyakan khawatir duluan.
      Moga2 cukup membantu ya 😀

      Salam,
      Windy

      • ira says:

        ooh gitu ya kaa, makasih ya ka windy buat tips2nya, smoga saya nanti bisa menjalani 🙂
        emg kk kmrn ga meng-apply suatu beasiswa ya ?
        hehehe kepo

      • segalasudut says:

        Sama2 😀 Ya dulu ngepply, nama program beasiswanya STUNED. Tapi ga cari2 program yg lain. Fokus ke situ. Alhamdulillah dapet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s