Konspirasi Alam Semesta I

Posted: February 5, 2014 in Sela

“Ketika kamu menginginkan sesuatu, seisi alam semesta akan berkonspirasi untuk membantumu mendapatkannya.”
Pernah baca atau dengar kutipan itu? Itu, katanya, termuat dalam The Alchemist, novel karya Paul Coelho.

Gue memang belum pernah baca bukunya. Tapi menurut gue konspirasi alam semesta itu ada. Konspirasi tersebut sesungguhnya adalah bagian dari ketetapan Tuhan YME tentang nasib kita. Seperti halnya benda-benda langit yang ditetapkan bergerak menurut garis edarnya. Dengan adanya konspirasi itu, pilihan yang tersedia di depan kita mengerucut sedemikian rupa tanpa campur tangan kita, hingga amat memudahkan kita untuk memilih.

Saat kebelet buang air kecil, tentu dengan mudah kita memilih arah yang kita tuju. (London, 3 April 2008)

Saat kebelet buang air kecil, tentu dengan mudah kita memilih arah yang kita tuju. (London, 3 April 2008)

Gue ambil contoh kecil. Siang tadi gue udah bersiap berangkat kerja lebih awal karena mau mampir ganti oli mobil. Tiba-tiba sakit perut dan terpaksalah ngendon dulu di kamar mandi.

Tertundalah keberangkatan gue sekitar 10 menit. Di tengah jalan tol terkena macet, ternyata ada kecelakaan yang melibatkan lima mobil yang sepertinya baru saja terjadi. Di jalur paling kanan.

Mungkin kalau tadi keberangkatan ga tertunda, mobil gue termasuk dalam kelima mobil itu. Sebab, gue biasa memacu mobil di jalur paling kanan dengan kecepatan cukup tinggi, terutama kalau sedang sendiri di mobil.

Memang tampaknya kecelakaan itu tidak fatal. Tapi tetep aja rasanya nyesek kalau kap mobil gue keriting lagi, padahal baru aja di-rebonding.

Pilihan yang dikerucutkan oleh konspirasi alam itu terjadi ketika sakit perut itu datang. Opsi yang tersedia ya tinggal menunda keberangkatan untuk nongkrong di kamar mandi.
Hal kecil lainnya adalah waktu gue melancong ke Hanoi. Niat pergi mengunjungi Tam Coc dengan menumpang kereta sempat menghadapi bujukan dari resepsionis hostel. Dia menyarankan supaya gue dan teman gue ikut tur sehari saja. Lebih mudah.

Untungnya kami harus sudah kembali lagi ke Hanoi paling lambat pukul 4 sore, supaya ga ketinggalan bus ke Vientiane (Nasionalisme Ala Negeri Paman Ho). Sedangkan tur itu baru selesai sore dan tiba di Hanoi sekitar pukul 7 malam. Dengan adanya alasan itu, kami lebih gampang menolak.

Stasiun kereta utama di Hanoi, pagi hari. 22 April 2013.

Stasiun kereta utama di Hanoi, pagi hari. 22 April 2013.

Selanjutnya ketika kami hendak kembali ke Hanoi, kereta mendadak tidak beroperasi. Baru akan ada lagi menjelang magrib. Ga jelas penyebabnya apa. Akibatnya kami ga bisa naik kereta. ‘Terpaksa’ ganti pakai bus. Kebetulan, ternyata terminal busnya ga jauh dari stsiun kereta.

Sebenarnya gue menginginkan hasil akhir itu. Kepingin mencoba moda transportasi yang berbeda untuk pergi dan pulang. Tapi jadinya bakal kurang praktis. Yang pasti-pasti aja lah karena gue ga melancong sendirian.

Ternyata konspirasi alam semesta diam-diam membuat keinginan gue itu terkabul…hehehehe.

Yang paling baru, ceritanya sampai akhir tahun lalu gue galau mau ke Perth. Jadwal terbangnya Februari ini. Tiket sudah di tangan pp Rp1,3 juta ke Bali. Tapi rupiah masih ancur-ancuran. Biaya visa juga jadi naik. Gue mikir-mikir mau batalin aja, tapi kok sayang tiketnya. Sebaliknya, kalau gue realisasikan habisnya bisa Rp5 jutaan plus visa.

Lalu, Januari datang kabar Air Asia meng-cancel jam penerbangan yang gue book. Terus ada pilihan refund atau menjadwal ulang waktu perjalanan. Nah, yang kayak gini namanya konspirasi alam semesta 😀

Ada juga peristiwa Eindhoven yang tanpa disangka berakhir sesuai harapan (Kecele). Namun, yang paling mengesankan adalah ketika alam semesta berkonspirasi membawa gue ke Groningen.

(Bersambung ke Konspirasi Alam Semesta II)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s